Wednesday, October 26, 2016

Laporan Perjalanan Wisata ke Candi Borobudur

Contoh Laporan Perjalanan Wista Ke Candi Borobudur
Ketika kita selesai melakukan suatu perjalanan, maka kita perlu membuat laporannya. Laporan dibuat sebagai pertanggungjawaban terhadap kegiatan yang telah dilakukan.

Laporan perjalanan adalah laporan hasil perjalanan atau kunjungan ke suatu tempat atau objek. Laporan ini ditulis berdasarkan pengamatan dan observasi objek yang dikunjungi. Di bawah ini adalah contoh laporan perjalanan ke objek wisata

LAPORAN PERJALANAN WISATA KE OBJEK WISATA CANDI BOROBUDUR

Di susun oleh :
1. Michael Ruminto
2. Oktavian
3. Eka Rachmawati
4. Mutiarani Putri

A.   LATAR BELAKANG MASALAH

Candi Borobudur merupakan sebuah objek, yang berada di magelang yang berbatasan dengan Yogyakarta. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat populer di Magelang dan Yogyakarta. Lokasi objek Candi Borobudur memiliki pemandangan yang indah. Di kanan kiri berjajar bukit-bukit dengan pepohonan hijau yang tampak asri. Udara di objek wisata ini juga sangat sejuk. Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang merupakan warisan nenek moyang kita.

Kami mengadakan perjalanan wisata ke objek wisata Candi Borobudur ini, karena lokasinya yang menarik. Dengan demikian kami siswa, Kelas VIII B di SMP Negeri 2 Sukadana Ciamis mengadakan perjalanan ke Candi Borobudur walau jaraknya cukup jauh. Selain untuk menambah wawasan kami tentang objek wisata ini, laporan perjalanan ini juga kami buat sebagai salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.

B. TUJUAN LAPORAN PERJALANAN

Tujuan dari laporan perjalanan ini ialah untuk menambah wawasan, pengetahuan,  serta pengalaman kami, mengenai objek wisata Candi Borobudur tersebut.

C. MANFAAT LAPORAN PERJALANAN

Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut :
1. Untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan.
2. Untuk dapat memberikan pengalaman dan mengetahui lebih banyak tentang objek wisata Candi Borobudur.
3. Untuk dapat melihat keindahan dan keagungan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa.

D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan pada:
Hari          : Minggu
Tanggal       : 4 September 2016
Jam           : 08.00  - 16.00 WIB
Lokasi        : Objek Wisata Candi Borobudur

E. PESERTA KEGIATAN

Kegiatan in diikuti oleh empat orang peserta yang tergabung dalam kelompok Mawar Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukadana Ciamis, yaitu
1. Michael Ruminto
2. Oktavian
3. Eka Rachmawati
4. Mutiarani Putri

F. PEMBIAYAAN

Biaya dalam melakukan perjalanan ini sebesar Rp. 2.000.000.00 dengan rincian sebagai berikut :
1. Transportasi    : Rp. 1.000.000.00
2. Makan dan Minum : Rp. 300.000.00
3. Tiket masuk     : Rp. 200.000.00
4. Lain-lain       : Rp. 500.000.00
TOTAL              : Rp. 2.000.000.00

Sumber dana kegiatan ini berasal dari iuran siswa, masing-masing Rp. 500.000.00

G. HAL-HAL YANG DIAMATI

Adapun hal-hal yang diamati dari kegiatan ini adalah :
1. Lokasi Objek Wisata Candi Borobudur.
2. Keunikan Objek Wisata Candi Borobudur.
4. Pengunjung Objek Wisata Candi Borobudur.

H. PERJALANAN DAN HASIL KEGIATAN

Tepat pada pukul 20.00  WIB kami berkumpul di Halaman Sekolah. Sebelum kami berangkat, kami melakukan diskusi, pembagian tugas dan tidak lupa berdoa sebelum berangkatan. Kemudian setelah selesai berdiskusi kami langsung menuju objek  Candi Borobudur. Kami menggunakan mobil Bus yang telah kami sewa.

Di sepanjang perjalanan kami berdiskusi sambil bercanda tentang apa yang akan kami kerjakan ketika sampai di lokasi. Rute perjalanan yang kami tempuh adalah dari Ciamis ke timur melewati beberapa kabupaten yang ada di Jawa Tengah. sampai di daerah Purwerejo maka terus terus ke arah utara menuju Magelang dimana letak Candi Borobudur.

Tepat pukul 02.00 WIB kami tiba di lokasi peristirahatan. Di tempat beristirahat, kami mandi , makan dan tidur sampai menjelang subuh. kemudian setelah pagi menjelang kami langsung berjalan menuju Lokasi candi Borobudur yang sangat megah dan luar biasa.

Karena hari Minggu, banyak sekali pengunjung yang berlibur ke objek wisata ini, sehingga kamipun bercampur baur dengan para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Akhirnya kami memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar lokasi tersebut. Kami naik ke atas candi.

Selain pemandangan alam yang luar biasa, fasilitas yang ada di kawasan Candi Borobudur ini tergolong cukup lengkap, seperti museum, pedagang dan masih banyak lagi.

Ada hal yang menarik lainnya di obyek wisata ini, yaitu terdapat stupa yang sangat besar di atas puncak Candi borobudur.

Setelah puas berjalan-jalan kamipun memutuskan untuk pulang. Pukul 15.30 WIB kami bersiap menaiki kendaraaan tumpangan kami dan membeli beberapa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

I. PENUTUP

A. Kesimpulan

Perjalanan kami ini cukup melelahkan tapi juga mengasikan, namun dibalik dari perjalanan tersbut kami mendapat pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan . Dari penulisan laporan ini, penulis bisa menyimpulkan bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu objek wisata yang layak untuk dikunjungi dan wajib kita lestarikan guna memajukan potensi wisata yang ada di Indonesia.

B. Saran

Dalam hal ini dengan segala kekurangan/keterbatasan yang ada, penyusun menyadari bahwa laporan perjalanan ini masih sangatlah jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kritik serta saran yang membangun akan sangat kami harapkan.

Demikian semoga bisa bermanfaat.